It's Time to Change

Jika engkau cinta
Maka da`wah adalah kefahaman
Jika engkau cinta
Maka da`wah adalah keikhlasan
Jika engkau cinta
Maka da`wah adalah `amal

Sungguh, Cinta itu amat penting dalam da'wah. Tanpa cinta, amal apapun akan menjadi sia-sia. Sebaliknya, dengan cinta, semua jadi bermakna. Abu sulaiman berkata, ” beruntunglah orang yang mengayunkan satu langkah kakinya dengan benar, yang tidak menginginkannya kecuali karena Allah semata.” Cinta disini bukanlah semata kepolosan atau keluguan perasaan. Cinta adalah perkara yang lahir dari hati orang yang orang tersebut mengetahui bila hatinya memiliki cinta itu. Cinta seperti ini yang kadang berbuah istimewa, hingga dapat mengubah orang biasa menjadi luar biasa di sisi Allah SWT.

Da'wah haruslah di iringi dengan profesionalitas dan niat baik. Da'wah yang profesional dapat di kaitkan dengan cinta. Karena cinta selalu terkait dengan pemberian dan semangat. Jika cinta unsur batinnya, pemberian adalah unsur lahirnya dan da'wah adalah unsur amalnya. Da'wah dengan cinta adalah memberi dengan tulus. Memberi dengan tulus adalah bukan karena terpaksa. Jadi bukanlah karena ingin popularitas apalagi menjilat. Da'wah tidak selalu tanpa perhitungan, karena banyak da'wah yang tidak di landasi dengan kemampuan akan bernilai negatif.

Ingat juga cinta juga tidak boleh berlebihan. Dari hadis riwayat bukhari kita bisa mengambil pelajaran dari sahabat rasulullah saad bin abi waqqash yang memberikan dua pertiga dari hartanya karena ia merasa akan mati dan hanya ada seorang anak perempuan yang akan memawisi hartanya. Rasulullah tidak membolehkan. Dan hanya boleh sepertiga dari hartanya, karena ia masih mempunyai anak. Rasulullah pun berkata, ” Sesungguhnya meninggalkan keturunanmu dalam keadaan kaya lebih baik dari pada meninggalkan mereka dalam keadaan miskin.” Jadi dengan cinta, da'wah bukanlah cerita konyol seperti cinta romeo kepada juliet. Ia adalah sebuah semangat yang mengerakan. Ia bicara tentang kefahaman, keikhalasan, amal, jihad, ketaatan, pengorbanan, keteguhan, totalitas, kepercayaan, dan persaudaraan. Wallahu 'Alam wa Lilahil 'Izzah

Categories: , ,

Leave a Reply