It's Time to Change

Walaupun saat ini krisis multidimensi masih membelenggu, namun sebuah kehidupan yang terhormat dan berwibawa yang dilandasi keadilan dan dipenuhi kemakmuran masih mungkin dibangun. Untaian zamrud khatulistiwa ini masih mungkin dirajut menjadi kalung sejarah yang indah. Tidak peduli seberapa berat krisis yang mencekik kita saat ini. Tidak peduli seberapa banyak kekuatan asing yang menginginkan kehancuran bangsa ini.Masih mungkin.

Dengan satu kata: PAHLAWAN!

Tetapi jangan menanti kedatangannya atau menggodanya untuk hadir ke sini. Sekali lagi, jangan pernah menunggu kedatangannya seperti orang-orang lugu yang tertindas itu; mereka menunggu datangnya Ratu Adil yang tidak pernah datang. Mereka tidak akan pernah datang. Mereka bahkan sudah ada di sini. Mereka lahir dan besar di negeri ini.

Mereka adalah AKU, KAU, dan KITA SEMUA.

Mereka bukan orang lain.Mereka hanya belum memulai. Mereka hanya perlu berjanji untuk merebut takdir kepahlawanan mereka; dan dunia akan menyaksikan gugusan pulau-pulau ini menjelma menjadi untaian kalung zamrud kembali yang menghiasai leher sejarah.

Dalam lintasan sejarah, bangsa Amerika pernah mengalami depresi ekonomi terbesar dalam sejarah dari tahun 1929 hingga 1937. Selang lima tahun kemudian, mereka menerjunkan diri dalam Perang Dunia Kedua, dan mereka menang. Selama masa itu, mereka dipimpin oleh seorang pemimpin yang lumpuh, dan satu-satunya presiden yang pernah terpilih hingga empat kali. Dialah Franklin Delano Roosevelt. Krisis telah membangkitkan Amerika. Selama masa depresi, mereka menemukan teori makro-ekonomi yang sekarang kita pelajari di bangku kuliah dan menjadi panduan perekonomian sejagat. Mereka kini menjadi Sang Adidaya.

Itulah yang terjadi ketika krisis dikelola oleh tangan-tangan dingin para pahlawan. Mereka mengubah tantangan menjadi peluang, kelemahan menjadi kekuatan, kecemasan menjadi harapan, ketakutan menjadi keberanian, dan krisis menjadi berkah.Pahlawan bukanlah orang suci dari langit yang diturunkan ke bumi untuk menyelesaikan persoalan manusia dengan mukjizat, secepat kilat untuk kemudian kembali kelangit. Pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang, sampai waktu mereka habis. Mereka tidak harus dicatat dalam buku sejarah, atau dimakamkan di taman makam pahlawan. Mereka juga melakukan kesalahan dan dosa. Mereka bukan malaikat. Mereka hanya manusia biasa yang berusaha memaksimalkan seluruh kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang di sekelilingnya. Merakit kerja-kerja kecil jadi sebuah gunung.

Semoga di Hari Pahlawan ini muncul para pahlawan baru negeri ini yang siap mengorbankan jiwa raganya demi kejayaan negeri ini.Yaa Allah izinkanlah aku tuk menjadi salah seorang penggerak kebangkitan negeri ini.Amiin

Categories:

Leave a Reply