It's Time to Change

Pertama milikilah visi dalam hidup ini yang dapat menjadi penggerak dalam hidup. Anda harus mampu menjawab pertanyaan sederhana mendasar seperti hendak kemana, apakah anda hendak menjadi seorang politikus, ilmuan atau[pun professional, Andaharus sudah menetukan sikap, dimasa yang akan datang apa yang akan anda peroleh, posisi apa yang anda iginkan dimasayarakat , kedukan apa yang anda harapkan dalam karir anda. Jika Anda tidak mampu menjawab, dengan sendirinya motivasi anda sendiri dalam keadaan lemah. Sebaliknya bila masalah pribadi yang paling mendasar telah terjawab maka dengan sendirinya akan menjadi alat pembakar yang mampu memicu motivasi anda senddiri.

Kedua, Anda harus mampu menggambarkan visi dan cita-cita anda dalam bentuk Flow Cart yang berisi dari mana Anda harus memulai dan dimana titik akhirnya. Titik akhir yang anda rancang harus mencerminkan keiningan-keinginan yang ingin anda peroleh dimasa yang akan datang dalam langkah pertama. Flow cart anda harus memecah menjadi target-terget secara garis besar semisal lima tahun pertama kuliah, berikutnya bekerja, berumah tanggaa dan seterusnya. Oleh kernanya dengan model ini anda harus memnyusun flow card anak sperti flow cark kluliah yang terdiri dari tingkat pertama, kedua dan seterusnya .

Flow card ini berisi target-target yang harus dicapai seperti tamat kuliah, dapat nilai A disetiap semester , sudah menikah diusia sekian dan lain sebagainya. Dan ingat yang terpenting flow card itu harus selalu di evaluasi tingkat keberhasilannya. Cara mengevaluasi yang efektif adalah ambilah secarik kertas, renungkan apa yang sudah dilakukan dan sampai sejauh mana pelaksanaannya, bandingkan dengan target yang telah ditetapkan, jika tidak tercapai carilah sebab-sebab yang menjadi penghalang tidak tercapainya sukses. Sebab-sebab yang telah anda susun ( usahakah sebanyak mungkin) tentukan yang menjadi penyebab yang cukup dominan dan biasanya lebih dari satu. Tarolah misalnya tiga ataupun empat. Kemudian tanyalah lebih detil dengan ujian pertanyaan kenapa dan kenapa sampai tidak ada lagi jawaban untuk stiaap penyebab. Ternyata Anda akan menemukan jawaban dan sekaligus jalan keluar dari jawaban yang ada. Ingat letakanlah flow cart pribadi anda dan hasil evaluasinya di sebuah file pribadi anda dan lihatah dan berilah catatan-catatan sepecial tiap hari sehingaa dia akan menjadi begaian dari hidup anda.

Ketiga , Anda harus menerpakan Psikolofi terapan yang ternyata telah menuntut ribuan orang sukses sebagaimana diungkapakn oleh seorang pendeta :Norman Vincent Peale. Langkah untuk peneran ini adalah sebagai berikut:
1. Tulislah tiga keingian besar yang paling anda ingini dan susun dari yang paling besar sampai yang lebih kecil menjadi satu ……. Dua ….. dan seterusnya.
2. Kerkalanlah apa yang anda ingini setiapp hari selama satu jam dan ambilah selember kertas untuk mengevalauasi apa yang telah anda kerjakan
3. Ambilah selembar kertas dimana tangan anda telah siap menulis diatasnya dan carilah ide-ide baru tentang pekerjaan yang telah anda lakukan. Kerjakanlah evaluasi ini selama satujam perhari.
Langkah ketiga ini jika anda kerjakan dengan tekun selama 5 tahun, anada kan menjadi orang yang paling ahli dalam bidang Anda geluti.
Letakanlah tiga keingian ajaib Anda dihalaman sebelum halaman flow cart yang telah kita bicarakan sebelumnya .

Keempat. Buatlah iklandiri !. Iklan diri merupakan sarana untuk memotivasi diri supaya motivasi selalu dalam keadaan maksimal. Konsep iklan diri tersebut sangat mudah untuk diterpkan oleh setiap orang. Iklan diri adalah kata-kata yang dapat anda ciptkan sendiri yang dapat membangkitkan semangat anda bergerak. Tarulah anda semisaal Amir dan anda mempunyai kelemahan dan merasa kurang yakin bila berhadapan dengan orang lain dan anda telah menyusun langkah-langkah diatas , mungkin iklan diri yang tepat adalah :
” Amir ingat anda orang yang mempunyai misi, pundak jihad ditangan anda , tugas mulia menunggu didepan, ribuan bahkan jutaan orang berharap pada langkah Anda….. jangan takut, bukankah setiap orang sama.”
Hapalkanlah kata-kata tersebut dan ucapkanlah kata-kata tersebut dengan semagat ketika Anda hendak akan menghadapi orang lain. Bingkailah kata-kata tersebut ditempat yang indah bahkan akan lebih baik dihalaman awal file pribadi anda sebelum psikologi terapan diatas.

Kelima. Ingat pada Sang Pencipta yang mendirikan anda sendiri. Ternyata Dia telah menciptakan Anda dengan kapasitas maksimal sehingga dengan kapasitas tersebut tidak ada masalah didunia inipun yang tidak mampu Anda selesaikan. Kita sering lupa dengan kemampun ini dan terlalu sulit untuk mengimplememtasikan kemampuan maksimal tersebut karena kesalahan kita sendiri yang memenjarakan dan mengekang kemampuan yang kita miliki sehingga dia tidak keluar secara maksimal. Ketika saat itulah banyak masalah tidak selesai dan bisa jadi saat itu kita menyesali nasib. Kita menyatakan masalah yang kita hadapai terlalu berat dan tidak kuat kita pikul.

Kalau anda melakukan seperti diatas, Anda adalah orang yang paling rugi dan orang yang tidak mengenal diri sendiri dan wajar apabila anda akang mengatakan ” Ya Allah janganlah engkau memberikan beban kepada kami melebihi beban yang kami miliki”….. Tidak Dia tidak akan memberikan beban melebihi kemampuan yang anda miliki karena itu merupakan garansi dari Dia .Ingat surat Albaqoroh ayat penutup harus menjadi spirit terbesar dalam hidup Anda. Oleh karenanya kenapa takut….. kenapa minder dan kenapa motivasi Anda loyo…… Ayo berjuang!

Leave a Reply