It's Time to Change

Puasa tak hanya menahan diri dari lapar dan dahaga. Seluruh anggota tubuh harus dijaga agar pahala puasa tak berkurang. Berikut ini ada beberapa kiat agar pahala puasa kita tak berkuarang di bulan Ramadhan....

Menahan Pandangan
Yaitu, menahan mata dari melihat hal-hal yang diharamkan, melihat aurat, dan wanita yang bukan mahramnya. Allah SWT berfirman, "Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya' yang demikian itu
adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat" (Q.S An-Nuur: 30). Dalam ayat lain, ALLAH SWT berfirman: "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya". (Q.S Al-Isra' : 36).

Menjaga Pendengaran
Yaitu, menjaganya daris egala hal yang diharamkan atau yang dibenci karena manusia akan ditanya tentang pendengarannya, sebagimana pula ditanya tentang penglihatan. Orang yang mengucapkan perkataan buruk atau ucapan bathil dan orang yang mendengarkannya, maka kedua-duanya telah berserikat dalm perbuatan dosa.

Menjaga Lisan
Yaitu, memeliharanya daris egal ucapan buruk dan keji, dari memfitnah dan sebagainya. Maka wajib bagi seorang yang berpauasa untuk meninggalkan ucapan dusta, ghibah (menggunjing), namimah (adu domba), bertengkar, mencaci maki, dan mencela orang lain. Hendaknya, kita memilih diam atau menyibukkan diri dengan sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti mebaca Al-Qur'an, berdzikir kepada Allah SWT, berdoa, beristighfar dan mar ma'ruf nahi munkar. Karena setiap yang diucapkan oleh manusia pasti akan menjadi bumerang baginya kecuali dzikrullah dan segala bentuk kedekatan kepada Allah SWT.

Menjaga Perut
Maksudnya adalah jangan sampai memasukkan sesuatu yang haram ke dalam perut, baik berupa makana tau pun minuman. dalam sebauah hadits disebutkan, "Tidak masuk surga daging yang tumbuh dari suht (penghasilan haram)". (H.R Ibnu Hibban). Seorang muslim berpuasa menahan diri dari yang halal, maka selayaknya pun menahan diri dari yang haram dan dapat mencelakakannya. Seorang Muslim jangan sampai menipu dalam bermuamalah atau menjaual dagangannya denagn sumpah palsu. Demikan pula hendaknya dan jangan mengambil penghasilan dari segala sesuatu yang berbau riba.

Menjaga Kemaluan
Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang dapat menjamin untukku apa yang ada di antara dua janggutnya (lisan) dan apa yang ada diantara kedua kakinya (kemaluan), maka aku menjamin untuknya surga " (H.R Bukhari).

Menjaga Tangan dan Kaki
Yaitu, jangan samapi tangan tersebut melakukan sesuatu yang haram (seperti memukul orang) dan kai jangan sampai melangkah menuju tempat yang haram.

Seluruh adab-adab tersebut di atas hendaknya senantiasa dijaga oleh Muslim kapan saja, bukan hanay ketika berpuasa. Adapun ketika puasa, hal itu sangat ditekankan karena dapat merusak dan melenyapkan pahala puasa. Jika seorang dapat menjaga diri dari segal yang diharamkan, baik pendengaran, penglihatan, makanan, minuman, langkah kai dan gerkan tangan, maka diharapkan dia kan menggapai ampunan Allah SWT dan pembebasan dari api neraka .

Categories:

Leave a Reply